Tuesday, April 14, 2009

Save Our Forest!!

kurang dari 2 minggu, tgl 26 April nanti....Hari bumi bakal di peringati semua orang....seberapa banyak kalian yg tau hari Bumi? apa yg kalian tahu ttg kondisi Bumi kita yang kita tinggali sekarang?...

dan untuk kita yg tinggal di Indonesia, apa kalian masih menganggap bahwa bencana yg terjadi di sekitar kita itu kebetulan? jika Ya menjadi jawaban kalian, berarti kalian bisa kembali melanjutkan kegiatan menonton Cinta Fikri dan sinetron2 lainnya, atau tetap ber-Hedonis ria dengan menukar rupiah kamu dengan euphoria sesaat. tapi kalo tidak berarti kalian plg tidak sedikit sadar bahwa bumi kita sudah 'menangis' bahkan 'marah'.


Our mother earth is very kind, from the minute we wake up every morning, she gives us enough fresh oxygen, before we contamine it with our exhaust gas from our car, motorcycle, etc. She's so kind that forest keeps our air clean, and keep the flood away. but what are we doin? we cut the trees down.... saya ingat lagu amy grant (kl nda salah) tp sering di cover oleh artist lain dan terakhir oleh counting crows yang bilang gini

"they paved paradise and put out a parking lot, they cut all the trees, put it on trees museum, and charge people a dollar and a half to see them"
(mereka meratakan surga dan menggantinya dengan tempat parkir, mereka memotong semua pohon lalu menaruhnya di musium dan mencharge orang 1,5 dollar untuk melihatnya)

kita nda pernah ngira kan, mal baru itu berarti berkurangnya juga daerah resapan air...kok bisa? contoh kecilnya, jika kamu punya teras dengan rerumputan maka air hujan yg turun sebagian akan diresap oleh tanah dan rerumputan, tapi coba km semen semua halaman itu lalu hujan turun kemana larinya air hujan itu? ya dia akan bergerak sesuai hukumnya yaitu mencari tempat yg kosong...banjir? sudah pasti.

tidak ada juga yang salah dengan mal baru (kcuali kamu akan di 'paksa' to be more consume thn before) atau perumahan2 baru...tapi yang salah adalah mereka membangun tanpa memenuhi persyaratan2 yg aman bagi bumi. pasti kamu nanya, kok kita nda tau? emang mereka melanggarnya seperti apa? kecuali kamu betul2 peduli kamu pasti cuma akan bilang....aahhhh bodo amat mereka melanggar apa nda toh nda ada pengaruhnya ama kita.

beeeeeeeeehhh....nda ada pengaruhnya? kl banjir sapa yang repot? kl mati lampu (we'll talk bout this later) sapa yang teriak2?

sbeenarnya klo para re-al es-ta-te itu membangun perumahan dengan irigasi (salura
n air) yang benar maka banjir nda akan melanda balikpapan tercinta. karena jelas mereka nda punya saluran pembuangan air yang baik..contohnya? liat aja sekitar rumah kita, sberapa besar sih PARIT2nya??? pernah liat kota2 di eropa? sya belum pernah kesana sih, tapi saya lebih milih nonton DISCOVERY channel daripada Sinetron dan (pengen dibilang) Reality show di stasiun tivi kita, dan disitu mereka kasih liat bagaimana mereka buat saluran irigasi mereka...it's underground and it's MASSIVE. BESAR!.....

sedangkan kita? orang Belanda buat irigasi bagus2, malah ditutup, daerah resapan di jadiin pemukiman, dan hasilnya??? liat tuh kejadian longsor di gn.pasir...dan kebiasaan pemerintah kl dah terjadi bencana...angkat tangan.....pdahal mereka sendiri yang tanda tangan itu surat2 ijin.

dan kini saat banjir sudah menjadi bagian dari kehidupan kita, apa itu menyetop aksi mereka untuk terus menggunduli hutan? secara lokal saja tidak.....Balikpapan dalam wacana untuk dijadikan kota MEGAPOLITAN seperti jakarta, karena di anggap masih potensial dengan wilayah / daerah yang masih bisa di eksplorasi untuk pembangunan. yes! it means more buildings, more mall, more department stores. and LESS FOREST




tidak banyak yang tau bahwa hari ini GreenPeace melakukan aksi damai di Jakarta, tepatnya di Gedung milik korporasi besar di indonesia SINAR MAS GROUP. mereka membeberkan bukti2 riil ttg penyalahgunaan dan eksplorasi hutan besar2an. untuk apa? u name it for urself..... minyak sawit? itu salah satunya.....

Greenpeace telah mengawasi SINAR MAS group belakangan ini dibeberapa daerah dan menemukan bukti konkrit dari eksplorasi besar2an di daerah RIAU, KALIMANTAN BARAT dan PAPUA, daerah2 yg disebut adalah paru2 indonesia dan dunia, jika hutan2 tersebut gundul lalu apa yg akan terjadi dengan suplai oksigen dunia? sejauh ini sudah 200 ribu hektar wilayah hutan yang sudah di JARAH oleh mereka dan mereka merencanakan untuk MENJARAH lagi sbesar 1,1 juta hektar hutan lagi terutama di daerah PAPUA. dan hinanya aktivis2 ini mendapat tekanan dan juga ditangkap oleh pihak berwenang saat melakukan aksi menentang hal ini.

Hal yang bertentangan justru disebutkan oleh pres SBY ttg rencana pengurangan penggunaan gas emisi lucunya disatu sisi SINAR MAS Group tetap merusak dan menjarah hutan tanpa henti. kalo saja presiden kita bisa TEGAS, seharusnya hal ini bisa di cegah.



jadi tulisan ini sbagai support untuk teman2 di GREENPEACE......! SALUTE!!!

kalian bisa baca artikel lengkapnya di sini dan untuk mendukung petisinya kalian bisa isi disini...


ACT NOW AND SAVE OUR FOREST!!



oya kalian juga bisa mulai dengan mem-BOIKOT SINAR MAS GROUP, dengan cara tidak membeli, menggunakan atau memakai jasa perbankan mereka.

liat grup mereka di http://www.sinarmasgroup.com atau search aja di www.google.com


No comments:

Post a Comment