Sunday, March 1, 2009

112th of Balikpapan

tahun ini Balikpapan, kota tempat saya lahir besar sampe skarang berumur 112 tahun.... buat kota yang sudah mulai beranjak 'tua' pembangunan justru baru gencar dilakukan 20 tahun belakangan ini...transformasi dari kota kecil tempat persinggahan minyak mentah hasil tambang kini menggeliat menjadi metropolitan.

buat saya yang besar di kota ini...bangga sekaligus takut dengan kemajuan kota ini...bangga karena kini tak lagi (oleh sebagian besar orang) disebut sebagai 'hutan' lagi. tapi ketakutan juga karena pembangunan infrastrukturnya belum seimbang dengan tingkat kepedulian terhadap lingkungannya....

tahun 90'an bencana yang paling sering terjadi plg kebakaran, atau orang ilang tenggelam di laut..tapi banjir? listrik byar pet? buat sebutan kota Minyak itu ironis sekali.

Balikpapan yang dulu sering di bilang little hongkong, karena kalo kita berangkat atau mendarat dengan pesawat pada malam hari, jajaran lampu kota dan wilayah tanki2 di jalan minyak menerangi layaknya kerlap kerlip kota hongkong...tapi skarang? jalan utama di kota ini pun padam, gelap, seakan kota hantu..kontras dengan pembangunan pusat2 perbelanjaan, hotel2, tempat hiburan.....apa gunanya bangunan besar dan tinggi dan megah tapi tanpa diterangi oleh lampu?

dulu kebanjiran di balikpapan artinya air laut pasang naik ke daratan, sehingga rumah2 di daerah DAM dulu memang dibangun agak tinggi dengan tiang2 dibawah rumahnya. sehingga tidak tenggelam saat pasang tiba..tapi sekarang??? daerah ring road sudah menjadi komoditi sub-urban bagi para developer khususnya rumah huni. pembangunan perumahan bermunculan dimana2 namun pelanggaran terhadap lingkungan juga terjadi dimana2..akibatnya? perumahan mewah tapi kalo hujan deras turun....kolam dadakan dmana2.... salah siapa? developer yang main curang dengan menyogok agar ijin keluar? atau salah pemerintah?

yg pasti Balikpapan emang harus maju, tapi bukan maju selangkah mundur 100 langkah... saya selalu takut, muak dan jenuh dengan jakarta...tapi perlahan kota ini mungkin akan jadi seperti Jakarta. say i'm an pacifist.....but im not...call me an anarchist (i think i have a lil bit of it) but i just dont want to see this lovely hometown goin deeper underground....

so...... tadi sore dan kemarin sore, bersama teman2 fotografer di balikpapan saya coba menangkap beberapa 'wajah' kota saya tercinta ini.... ini semua dari sudut pandang saya, kamera saya dan hati saya ....


cheers!

frey


























No comments:

Post a Comment